Wednesday, February 15, 2017

[yukbisnisproperti] Riset Pasar itu Penting daripada Nanti Pusing [1 Attachment]

 
[Attachment(s) from abadrekan2@yahoo.co.id [yukbisnisproperti] included below]

Riset Pasar itu Penting daripada Nanti Pusing

Salah satu penyebab kegagalan suatu produk adalah lemahnya riset pasar/pemasaran/market research. Gak sedikit yang menyepelekan hal ini. Alih-alih mau dapat profit tinggi, gak taunya malah bikin sakit gigi. Mendadak pusing, puyeng, kliyengan.

Menurut buku-buku yang saya baca, riset pasar itu dibagi 3 keloimpok besar. Yakni Exploration Test, Test The Water, Re-Action Test.

Gampangnya begini :

Exploration Test adalah riset yang dilakukan untuk mengetahui kondisi perilaku konsumen, termasuk didalamnya demografi, apa yang dibutuhkan, berapa banyak, dan riset tentang kompetisi yang ada dan kondisi makro ekonomi di suatu tempat. Biasanya dilakukan pada awal sebelum produk disiapkan.

Test The Water adalah riset yang dilakukan untuk mengetahui apakah produk nantinya akan diterima oleh pasar atau tidak. Biasanya produk sudah disiapkan dengan beberapa varian. Kemudian diujikan ke pasar baik individu maupun group test.

Re-Action Test adalah riset yang dilakukan untuk mengetahui apakah rencana pemasaran berjalan dengan baik atau tidak. Dimana yang berjalan dengan baik, dimana yang berjalan kurang baik atau malah tidak jalan. Dilakukan pengukuran dan diharapkan dilakukan perbaikan.

Kata Riset Pasar ini memang agak akademis, tapi untuk para praktisi mungkin lebih mengenal dengan kata Test and Measure alias Tes dan Ukur.

Yuk, test dan ukur dulu daripada nanti penuh sembilu. Sakiiit boss…

#REAL ESTATE BUSINESS PLAN


__._,_.___

Attachment(s) from abadrekan2@yahoo.co.id [yukbisnisproperti] | View attachments on the web

1 of 1 Photo(s)


Posted by: abadrekan2@yahoo.co.id
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)

Check out the automatic photo album with 1 photo(s) from this topic.
INTEGRATED BUSINESS PLAN PROPERTI (2).png

Have you tried the highest rated email app?
With 4.5 stars in iTunes, the Yahoo Mail app is the highest rated email app on the market. What are you waiting for? Now you can access all your inboxes (Gmail, Outlook, AOL and more) in one place. Never delete an email again with 1000GB of free cloud storage.


.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment