Wednesday, July 10, 2013

[yukbisnisproperti] Digest Number 2572

15 New Messages

Digest #2572
1
Mohon Pendapatnya by "P. SOESILO H." P_SOESILO_H
2
pokok'e, selamat... by "TEGUH YUWONO" azzamcomp_blitar
3
Mohon Pencerahannya by "Boy" boybororing
4a
Bls: [yukbisnisproperti] Dicari tukang yang bisa pasang kusen dan je by "Diputra Properti" diputraproperti@ymail.com
6a
Re: Ternyata bisa 2 by "Djoko Wijono" dwadgas2004
7a
tanya-tanya soal tanah phu by "Joni sasongko" jonisasongko
8a
Komunitas Broker Properti No. 1 di Indonesia by "Da Vina Property" davinaproperty
10a
Re: Kapan over kredit / Take over bank by "Wiwin Wijaya" wiwinwijaya
11
Bantu jual tanah, rumah dan properti lainnya by "Didik Marjadi" didikmarjadi
12
ADEGAN INI HANYA DILAKUKAN OLEH PROFESIONAL by "Ari Wibowo" ari.wibowo_psis@ymail.com
13
DEMI ARYA WIGUNA !!!! by "Ari Wibowo" ari.wibowo_psis@ymail.com

Messages

Wed Jul 10, 2013 6:56 pm (PDT) . Posted by:

"P. SOESILO H." P_SOESILO_H

Salam Properti,
 
Saya memiliki sebuah ruko baru yang rencananya akan disewakan kepada yang berminat.
Saat ini Pengembang belum menyerahkan Sertifikat Kepemilikan sebagaimana lazimnya, bahkan sejak serah terima kunci sudah menagih Monthly Service Charge, dan PBB tahun berjalan yang masih atas nama Pengembang, bukan atas nama saya sebagai pemiliknya.
 
Mohon pendapat teman2 pakar properti di sini, bagaimana sebaiknya. Terima kasih sebelumnya.
 
 
psh

Wed Jul 10, 2013 6:56 pm (PDT) . Posted by:

"TEGUH YUWONO" azzamcomp_blitar

saya ucapkan, selamat menjalankan ibadah-ibadah di Bulan Suci Romadhon...
Semoga Romadhon kita kali ini bisa lebih baik dari Romadhon Tahun kemarin...

Wed Jul 10, 2013 6:57 pm (PDT) . Posted by:

"Boy" boybororing

Dear all,
Kami memiliki lahan untuk dibangun perumaha seluas tiga hektar di Manado, namun kami tidak tahu bagaimana cara untuk mendapat kan pinjaman modal dari bank..Mohon bantuannya"

Thx
Boy 27DB34FB
085299945775
08993403338

Sent from my iPad

Wed Jul 10, 2013 6:57 pm (PDT) . Posted by:

"Diputra Properti" diputraproperti@ymail.com

boleh tau brapa volume pekerjaannya pak,...kami bersedia bantu kirim tukang,...hub:0817 6939 059 . dodi

________________________________
Dari: Risco <imam_biz@yahoo.com>
Kepada: yukbisnisproperti@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 9 Juli 2013 14:03
Judul: [yukbisnisproperti] Dicari tukang yang bisa pasang kusen dan jendela alumunium


 
Kami mencari tukang yang bisa pasang kusen dan jendela alumunium khusus jasa pemasangan saja ,bahan nya dari kami. Lokasi jatiluhur jatiasih bekasi . yang serius silakan hub 081373036134 085618809118

Wed Jul 10, 2013 6:58 pm (PDT) . Posted by:

ekarahma659

100m ? Maksudnya gan?
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

-----Original Message-----
From: RD Property <rd.property@yahoo.com>
Sender: yukbisnisproperti@yahoogroups.com
Date: Wed, 10 Jul 2013 16:38:46
To: yukbisnisproperti@yahoogroups.com<yukbisnisproperti@yahoogroups.com>
Reply-To: yukbisnisproperti@yahoogroups.com
Subject: [yukbisnisproperti] URGEN Dicari lahan Industri

Dicari lahan Industri 100 di Cikarang.
punya listingan dan data japri

Best Regard
RD. Property
Phone: 021 3622 9734
HP: 0813 999 14322; 087808709256;
twitter: @RealsDiamondPro
Email: rd.property@yahoo.com


Wed Jul 10, 2013 6:59 pm (PDT) . Posted by:

"Djoko Wijono" dwadgas2004

Terimakasih postingnya, cuma mohon salamnya jangan disingkat seperti itu.
Salam .

Sent from my iPhone

On Jul 10, 2013, at 10:19, dendy koswara <dendkos@yahoo.co.id> wrote:

> ass,
>
> terinspirasi dari cerita nyata "ternyata bisa " sebelumnya yg pernah saya posting di millis ini, mohon ijin saya berbagi konsep dan berbagi action.....
>
> Seperti kita ketahui bahwa lebih dari 13 juta keluarga membutuhkan rumah tinggal(disadur dari millis YBP), namun sebagian % saja yang bankable dan mampu membelinya melalui KPR?. sisanya mereka hanya mampu menyewa. suatu hal yang baik bila kita dapat menyediakan hunian sewa yang layak bagi mereka dan hal ini juga merupakan pangsa pasar yang menarik,
>
> Konsepnya action bersama "saya sediakan lahannya, anda bantu membangunnya dan nikmati pasif incomenya":
>
> 1. Kerjasama dalam bentuk penyertaan modal pada pembangunan rumah kontrakan tahap 2 (tahap 1
> 3 Unit sudah selesai dan terisi semua) lokasi di Bandung dengan jangka waktu selama 2 Tahun.
>
> 2. Penyertaan modal per unit bangunan sebesar Rp.30.000.000.- atau 3 unit Rp.90.000.000,-
>
> 3. Biaya sewa per bulan per unit Rp.350.000,- atau 3 unit Rp. 1.050.000,-
>
> 4. Bagi hasil keuntungan 80% dari biaya sewa untuk pihak yang menyertakan modal dibayarkan setiap
> bulan mulai bulan ke 3 s/d ke 24 sbb :
>
> Unit Penyertaan Biaya Sewa/22 Bln Bagi Hasil/22 Bln ROI / 2 Thn
> 1 Rp. 30.000.000,- Rp. 7.700.000,- Rp.. 6.160.000,- 20.5%
> 2 Rp. 60.000.000,- Rp. 15.400.000,- Rp. 12.320.000,- 20.5%
> 3 Rp. 90.000.000,- Rp. 23.100.000,- Rp. 18.480.000,- 20.5%
>
> 5. Pengembalian modal yang disertakan pada bulan ke 24
>
> Nb. kedepan akan disiapkan konsep sewa beli untuk mereka yang belum bankable namun ingin
> memiliki hunian tidak harus besar namun sehat dan milik sendiri.
>
> Bagi yg memiliki visi yg sama dan ingin menyertakan modal bs hub saya 081221291750
>
>
> Reply via web post Reply to sender

Wed Jul 10, 2013 6:59 pm (PDT) . Posted by:

"Joni sasongko" jonisasongko

Salam hormat buat semua,
saya mau bertanya pada semua yg telah lama berkecimpung di dunia property.
Untuk lokasi yang peruntukannya PHU (penghijauan umum) dapat kah dirubah menjadi wtm (wisma taman),
dengar-dengar kalau PHU itu bisa di pindahkan apakah benar?
Jika itu PHU dapatkah kita mendapatkan izin Mendirikan bangunan?

Wed Jul 10, 2013 7:01 pm (PDT) . Posted by:

"Da Vina Property" davinaproperty

Indobrokercomm atau Indonesia Broker Community adalah sebuah komunitas broker property 

yang akan hadir disetiap kota/kabupaten se-Indonesia.
Indobrokercomm adalah hasil pemikiran dari 
sdr. Wahyudi Sudiyono (www.WahyudiSudiyono.com) 
atau Mas Yudi Dua (https://www.facebook.com/MasYudiDua), 
Founder & CEO Da Vina Property 
yang memiliki keinginan agar para broker di Indonesia mempunyai sebuah komunitas 
yg bs saling bekerjasama (cobroking).

Indobroker.com merupakan tempat 
para pekerja properti seperti :
broker, 
makelar, 
mediator, 
negosiator, 
developer, 
notaris, 
bankir, 
investor, 
dll 

berkumpul untuk memajukan bisnis properti di Indonesia.

Berikut komunitas broker 
dibawah manajemen Indobroker :

1. SRBC | Solo Raya Broker Community |https://www.facebook.com/groups/SoloRayaBrokerCommunity

2. KBC | Kendal Broker Community |https://www.facebook.com/groups/KendalBrokerCommunity

3. JBC | Jogja Broker Community |https://www.facebook.com/groups/JogjaBrokerCommunity

4. UBC | Ungaran Broker Community |https://www.facebook.com/groups/UngaranBrokerCommunity

5. SBC | Semarang Broker Community | www.KlikSBC.com |https://www.facebook.com/groups/DaVinaProperty

6. Banjarmasin (Next)

7. Cirebon (Next)

8. Batam (Next)

9. NTB (Next)

Anda ingin kota/kab tempat tinggal Anda 
memiliki komunitas broker property?

Silahkan hubungi :
PT. Indobroker Property 
Mobile : +62819 898 777 
BlackBerry : 30 999 B8F

Supported by :
Bank BCA | Rumah123.com | DPD Arebi Jawa Tengah | YFKI Foundation 
Ikatan pengusaha Property Indonesia (IPPI) | Property Plus Indonesia (PPI) | Super Broker Indonesia (SBI) |

Sponsorship by :
Istanaland Property | BPR Arta Mas | Da Vina property | HM21 Property | Prime Estate Property 
Bambang Property | Surya Gemilang | Indoland Property | Lukman Property | Adhy Property | AWG Center
Republik Property | President Property | Cuan Property | Bakso Pak Geger Srondol | Bale Agung Realty
Hary Property | Rovaland Property | Shark Property | Kota Mas Property

Media Partner :
Suaramerdeka.com | SuaraMerdeka.tv | www.DaVinaNews.com | Majalah Property & Bank | Majalah My Home

Wed Jul 10, 2013 7:10 pm (PDT) . Posted by:

yazri@ymail.com

Jabodetabek belom ada ya ?
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Da Vina Property <davinaproperty@yahoo.com>
Sender: yukbisnisproperti@yahoogroups.com
Date: Wed, 10 Jul 2013 22:22:34
To: yukbisnisproperti@yahoogroups.com<yukbisnisproperti@yahoogroups.com>
Reply-To: yukbisnisproperti@yahoogroups.com
Subject: [yukbisnisproperti] Komunitas Broker Properti No. 1 di Indonesia

Indobrokercomm atau Indonesia Broker Community adalah sebuah komunitas broker property 

yang akan hadir disetiap kota/kabupaten se-Indonesia.
Indobrokercomm adalah hasil pemikiran dari 
sdr. Wahyudi Sudiyono (www.WahyudiSudiyono.com) 
atau Mas Yudi Dua (https://www.facebook.com/MasYudiDua), 
Founder & CEO Da Vina Property 
yang memiliki keinginan agar para broker di Indonesia mempunyai sebuah komunitas 
yg bs saling bekerjasama (cobroking).

Indobroker.com merupakan tempat 
para pekerja properti seperti :
broker, 
makelar, 
mediator, 
negosiator, 
developer, 
notaris, 
bankir, 
investor, 
dll 

berkumpul untuk memajukan bisnis properti di Indonesia.

Berikut komunitas broker 
dibawah manajemen Indobroker :

1. SRBC | Solo Raya Broker Community |https://www.facebook.com/groups/SoloRayaBrokerCommunity

2. KBC | Kendal Broker Community |https://www.facebook.com/groups/KendalBrokerCommunity

3. JBC | Jogja Broker Community |https://www.facebook.com/groups/JogjaBrokerCommunity

4. UBC | Ungaran Broker Community |https://www.facebook.com/groups/UngaranBrokerCommunity

5. SBC | Semarang Broker Community | www.KlikSBC.com |https://www.facebook.com/groups/DaVinaProperty

6. Banjarmasin (Next)

7. Cirebon (Next)

8. Batam (Next)

9. NTB (Next)

Anda ingin kota/kab tempat tinggal Anda 
memiliki komunitas broker property?

Silahkan hubungi :
PT. Indobroker Property 
Mobile : +62819 898 777 
BlackBerry : 30 999 B8F

Supported by :
Bank BCA | Rumah123.com | DPD Arebi Jawa Tengah | YFKI Foundation 
Ikatan pengusaha Property Indonesia (IPPI) | Property Plus Indonesia (PPI) | Super Broker Indonesia (SBI) |

Sponsorship by :
Istanaland Property | BPR Arta Mas | Da Vina property | HM21 Property | Prime Estate Property 
Bambang Property | Surya Gemilang | Indoland Property | Lukman Property | Adhy Property | AWG Center
Republik Property | President Property | Cuan Property | Bakso Pak Geger Srondol | Bale Agung Realty
Hary Property | Rovaland Property | Shark Property | Kota Mas Property

Media Partner :
Suaramerdeka.com | SuaraMerdeka.tv | www.DaVinaNews.com | Majalah Property & Bank | Majalah My Home

Wed Jul 10, 2013 7:05 pm (PDT) . Posted by:

dsmunsa02

Tolong kirim data2 nya pak.
Ke drpoint212@yahoo.com
-----Original Message-----
From: Aris Susanto <arissusanto_fam@yahoo.com>
Sender: yukbisnisproperti@yahoogroups.com
Date: Sun, 7 Jul 2013 10:44:05
To: <yukbisnisproperti@yahoogroups.com>
Reply-To: yukbisnisproperti@yahoogroups.com
Subject: Bls: [yukbisnisproperti] URGENT, Dicari Pabrik LT 10 Ha, LB 4 Ha


ada tuch... di KIIC




------------------------------
Pada Rab, 3 Jul 2013 18:38 Waktu Terang Hari Pasifik dsmunsa02@yahoo.com menulis:

>Urgent, Dicari Pabrik
>Mas admin, tolong di posting yaa. Thanks
>
>Buyer kami sedang cr pabrik yg luas tanahnya skitar 10hektar,
>LB 4hektar,
>klau ada pabrik yg mau take over dia jg mau
>Budget 200 M ya.
>Ijin lengkap.
>Bangunan layak pakai.
>
>Yg punya info tolong di email : drpoint212@yahoo.com
>Thanks
>Ruben


Wed Jul 10, 2013 7:05 pm (PDT) . Posted by:

"Wiwin Wijaya" wiwinwijaya

terimakasih atas jawabannya pak arpat !
--------------------------------------------
On Tue, 7/9/13, arpat81@yahoo.com <arpat81@yahoo.com> wrote:

Subject: Bls: [yukbisnisproperti] Kapan over kredit / Take over bank
To: yukbisnisproperti@yahoogroups.com
Date: Tuesday, July 9, 2013, 10:28 PM


Biasanya setelah tahun ke 2,untuk refinancing bisa di bank
yang sama ato di bank berbeda.
Silahkan bagi teman2 yang lain jika ingin menambahkan.

@arpatonis
http://arpatproperty,biz
http://ivaneka.com Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSATFrom:

Wed Jul 10, 2013 7:09 pm (PDT) . Posted by:

"Rio Afriyanto"

Temen sy tiap 2 tahun memindahkan KPR rumahnya ke bank lain. Beliau
mengejar bunga yg tdk berubah yg biasanya selama 2 tahun.
On Jul 10, 2013 4:24 PM, "vicktor sk (mistervicks)" <mr.vicks@gmail.com>
wrote:

> **
>
>
> perlu diperhatikan bahwa take over / pelunasan dipercepat pada
> awal-awal tahun sisa hutang pokok masih besar, karena porsi pokok
> angsuran kecil dibandingkan porsi bunga yang dibayarkan. kemudian
> perhatikan juga penalty yang dikenakan. ada beberapa bank yang
> mengenakan penalty pada awal masa kredit.
>
> salam
> vicks
>
> On 7/9/13, arpat81@yahoo.com <arpat81@yahoo.com> wrote:
> > Biasanya setelah tahun ke 2,untuk refinancing bisa di bank yang sama ato
> di
> > bank berbeda.
> > Silahkan bagi teman2 yang lain jika ingin menambahkan.
> >
> > @arpatonis
> > http://arpatproperty,biz
> > http://ivaneka.com
> > Sent from my BlackBerry®
> > powered by Sinyal Kuat INDOSAT
> >
> > -----Original Message-----
> > From: "Wijaywi" <wiwinwijaya@yahoo.com>
> > Sender: yukbisnisproperti@yahoogroups.com
> > Date: Tue, 09 Jul 2013 04:55:15
> > To: <yukbisnisproperti@yahoogroups.com>
> > Reply-To: yukbisnisproperti@yahoogroups.com
> > Subject: [yukbisnisproperti] Kapan over kredit / Take over bank
> >
> > Dear Rekan2 Millist "Yuk Bisnis Properti",
> >
> > Saya mau tanya,
> > Setelah Kapan over kredit maupun Take over bank (refinance) bisa kita
> > lakukan?
> > (setelah berapa bulan/tahun dari awal cicilan kita)
> >
> > Terimakasih,
> > Wiwin Wijaya
> >
> >
> >
>
> --
> salam
> banyak teman banyak rejeki
> VICKS
> always on the "right" track
>
> www.mistervicks.com (kedai kopi online)
> www.mistervicks.co.cc (personal blog)
> www.ratuintan.blogspot.com (wisata pantai)
> www.facebook.com/mistervicks
> www.twitter.com/mistervicks
>
>

Wed Jul 10, 2013 7:08 pm (PDT) . Posted by:

"Didik Marjadi" didikmarjadi

Bantu jual tanah, rumah dan properti lainnya

Anda kesulitan jual rumah, tanah, ruko, apartemen dan property lainnya ?
Kami siap membantu menjualkan / mencarikan property anda untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik kami satu satunya agen property tingkat penjualannya paling tinggi untuk wilayah-wilayah tersebut,bebas biaya promosi.
Dipromosikan melalui MEDIA INTERNET DENGAN RANKING PERTAMA DI SEARCH GOOGLE dan DI MEDIA CETAK.
Untuk Informasi Lebih lanjut, dapat menghubungi saya, DIDIK MARJADI DARI AGEN PROPERTY ERA SANTIKA SURABAYA
Tlp.03172465871 ( FLEXI ), 081554189664 ( INDOSAT ) , 087855734837 ( XL ), 081252380319
( SIMPATI )

Wed Jul 10, 2013 7:10 pm (PDT) . Posted by:

"Ari Wibowo" ari.wibowo_psis@ymail.com

PEJABAT TAKUT ORANG NEKAT (ii)

AW 25DCAE68 - Pengalaman berharga disaat menghadapi direktur PDAM yang main
pungli seenaknya dan berhasil saya atasi dengan jurus nekat, rupanya memberikan
keberanian kepada saya saat menghadapi kasus serupa di lokasi lain.

Alkisah saya sedang mengurus perijinan untuk lahan luasan kecil (kisaran
7000 m2) di sebuah kota di pulau Jawa. Berkas perijinan sudah lengkap, dan
seperti biasanya kami urus melalui BPPT (Badan Pelayanan Perijinan Terpadu),
dengan menjalin kontak khusus melalui salah seorang pejabat di BPPT, sebut saja
namanya mister X.

Sidang ekpose didepan 6 instansi dan bertempat di kantor Bapeda sudah kami
jalani di bulan April 2013. Dilanjutkan dengan sidang advise planning bertempat
di kantor PU pada bulan Mei 2013. Secara paralel kami juga mengurus UKL/UPL dan
rekomendasi Dishub. Entah kenapa, setelah itu delay 1 bulan menunggu waktu
untuk audiensi Walikota yang sedang sibuk dan padat agendanya.

Akhirnya kesempatan untuk bertemu dan audiensi dengan pak Wali tiba juga.
Pertengahan Juni 2013 saya diantar mister X menghadap Walikota di ruang
kerjanya. Ngomong basa basi selama 15 menit, dan dinyatakan Ijin kami tidak ada
masalah, bisa diterbitkan, tapi besok hari diminta koordinasi dengan mister X
dahulu. Begitu kalimat dari pak Walikota.

Esoknya saya menemui mister X di kantor BPPT, dan ada berita menggelegar
yang saya dengar. Ternyata kami diminta menyediakan dana taktis 200 juta
sebagai syarat agar Ijin Prinsip ditanda-tangani. Gila!! Benar-benar gila.
Mengurus lahan hanya seluas 7000 m2 kena pungli 200 juta. Gimana kalau ada
pengembang urus ijin untuk lahan puluhan hektar? Bisa-bisa kena pungli milyaran
Rupiah.

Saya pulang dari kantor BPPT dengan perasaan galau. Pusing rasanya. Kepala
jadi error. Uang 200 juta milik nenek siapa yang bisa saya serahkan kepada
birokrasi yang bermental pemeras ini???

Dua minggu saya biarkan, tanpa menghubungi mister X lagi. Saya berharap ada
keajaiban atau belas kasihan dari penguasa itu kepada kami. Tapi tak ada kabar
berita.

Kemudian di suatu malam saya mendatangi mister X dan meratap mengiba meminta
kebijaksanaan dari pak Walikota, supaya jangan membebani kami biaya perijinan
sebesar 200 juta. Mister X berjanji akan menyampaikannya kepada pak Wali.

Esok hari saya menunggu dengan berharap-harap cemas. Tapi sms yang saya
terima dari mister X membuat saya tertunduk lemas; "Maaf, saya sudah
sampaikan pesan anda kepada pak Wali, tapi beliau tetap menyatakan seperti yang
semula saja." Hmm, bahasanya datar, tapi tersirat dan tersurat makna yang
jelas, yaitu angka 200 juta tak bisa ditawar.
 
Kepala saya jadi error. Tidak terima menerima perlakuan seperti ini.
Jelas-jelas pemerasan. Mendadak kenekatan saya muncul lagi. Saya akan lawan
mereka semua. Mati ya mati bareng, hancur ya hancur barenglah. Proyek ini bubar
gak masalah, tapi mereka juga akan saya hajar dengan apa yang saya mampu
lakukan. Mendadak saya tidak punya lagi rasa hormat dan takut kepada Walikota
dan mister X.

Saya teror mereka. Saya kirimi sms beruntun memaki-maki dan mengancam
mereka. Sasaran saya adalah; Walikota, ajudan Walikota, dan mister X (pejabat
BPPT).

Ini sms ke Walikota;
Selamat siang pak Wali. Saya ingin meminta
waktu 1x lagi bertemu bpk utk penyelesaian perijinan perumahan KECIL luas 7000
m2 yg Ijin nya terkatung-katung. Saya sdh pernah bertemu bpk diantar mister X.
Tks, Ari Wibowo

Sbg pengusaha, saya berharap bpk menjadi Walikota yg bijaksana dan kooperatif
dgn pengusaha. Good and clean goverment. Tks, Ari Wibowo

Saya selama ini menjalin komunikasi via mister X, dan statement dari dia yg
katanya meneruskan pesan dari bpk membuat saya tak nyaman dan gerah sekali.
Saya mau berperang saja jika kondisinya begini. Maaf, tks,

Saya kooperatif, tapi semua mesti proporsional dan wajar. Kita sama2 membangun
kota ini. Jika pincang dan not fair, yg terjadi justru nekat dan saling
menjatuhkan. Mohon waktu bertemu 1x lagi. Tks, Ari W

Saya call bpk kenapa bapak tak mau angkat?? Kalau bpk marah sama saya, maka
justru saya yg lebih marah kpd bapak.

Saya bertemu Walikota dan Bupati dimana-mana sering sekali pak. Hal yg biasa.
Tapi mengurus perijinan lahan 7000 m2 dan dimintai biaya 200jt (kata mister X)
membuat saya marah. Saya memilih berperang saja melawan bpk. Saya punya
jaringan di media lokal dan nasional (cetak dan online), LSM, dan parpol. Saya
akan beberkan praktek kotor ini.

Saya org nekat pak. Saya tidak takut menghadapi bpk. Semua resiko sdh saya
kalkulasi. Bapak akan menyesal jika memperlakukan kami spt ini. Siapa yg
terjegal, saya atau bpk, kita lihat saja nanti. Tks

Tapi kalau bpk berlaku bijaksana kpd kami, saya urungkan niat ini dan memilih
kooperatif dgn bpk. Saya menunggu kabar baik dari bapak. Mau baik2 atau ribut2,
keduanya saya siap melayani. Tks

Ini sms ke ajudan Walikota;
Saya Ari Wibowo, pelaku usaha yang merasa
diperas oleh Walikota anda. Tolong sampaikan kepada si pemeras itu, saya mau
ketemu dia mengurus perijinan proyek perumahan yg saya ajukan. Saya tak mau
membayar 200 juta. Saya tidak takut dengan pejabat seperti dia. Tks, Ari Wibowo
0812 1520 46xx.

Ini sms ke mister X;
Saya akan bongkar praktek kotor yang anda
lakukan sbg antek Walikota pemeras. Saya mau bikin press release yg saya
sebarkan ke media online, media massa, dan social media. Saya akan beberkan
semua perilaku busuk ini.

Saya orang nekat. Anda menyesal jika berani berurusan dgn saya. Akan saya bikin
ribut-ribut dan nama anda akan saya bikin top di berbagai media. Tunggu tanggal
mainnya.

Setelah mengirimkan sms, saya call mereka bertiga; Walikota, ajudan Walikota
dan mister X. Tak ada yang mau mengangkat call dari saya. Saya call ulang
berkali-kali tanpa henti. Kalau diangkat mereka akan saya maki-maki dan saya
intimidasi. HP Walikota dan mister X malah mendadak non aktif. HP ajudan tetap
on tapi tak mau angkat.

Malam jam 22.00 saya datangi rumah dinas Walikota. Akan saya labrak sendiri.
Tapi saya dapat info dari penjaga bahwa pak Wali sedang kondangan (menghadiri
resepsi). Saya tunggu kedatangan pak Wali tak jauh dari rumah dinasnya, dengan
ngopi di warung pinggir jalan.

Saya call pak Wali tidak diangkat. Saya sms bahwa saya sedang menunggu
kedatangannya di rumah dinas. Eh, kali ini pak Wali merespon dan menelpon saya.
Dia katakan tak perlu ketemu lagi, tapi dia janji akan bantu perijinan saya.
Hanya saja besok selama 3 hari dia akan pergi ke Jakarta,  jadi saya
diminta kontak lagi minggu depan. Oke pak !!!

Senin pagi saya sms seperti ini; "Terima kasih sudah berjanji membantu
perijinan yang saya ajukan. Langkah konkritnya seperti apa? Kapan bisa terbit
dan saya mesti menghubungi siapa?" Saya forward ke ajudan Walikota dan
mister X.

Senin pagi, Senin siang, Senin sore tak ada jawaban. Saya call ke 3 pihak
lagi-lagi tidak diangkat. Saya marah karena tidak ada komunikasi yang baik dari
mereka. Saya ambil laptop dan saya nulis press release 13 paragraf yang akan
saya sebarkan ke berbagai media. Isinya menjelek-jelekkan birokrasi di kota
tersebut. Judulnya; URUS PERIJINAN DI KOTA XXX
SANGAT LAMBAT DAN PUNGLINYA LUAR BIASA.

Saya beri keterangan, bahwa jika s/d Selasa ijin perumahan yang saya ajukan
belum terbit, maka press release tersebut benar-benar akan saya distribusikan.
Selesai membuat press release sudah jam 17.30, kantor Pemkot sudah tutup. Saya
foto copy 3 rangkap, saya masukkan amplop terbuka (sengaja tidak saya lem biar
diintip orang lain).

Saya antar amplop ke-1 ke rumah dinas Walikota, diterima penjaganya. Saya
antar amplop ke-2 ke rumah mister X, diterima pembantunya (rumahnya kosong).
Dan amplop ke-3 saya serahkan ke penjaga kantor Pemkot. Itu salinan press
release yang menjelek-jelekkan birokrasi mereka.

Kriiiiiiinngggg ..., jam 19.30 saya ditelpon pak Wali. "Mas Ari,
percaya deh saya akan bantu perijinannya. Tak perlu main-main media segala.
Besok saya bereskan perijinan milik mas Ari." Hehe .., Walikotanya
ketakutan mau saya sebarkan press release ke media.

Selasa pagi jam 10, mister X yang selama beberapa hari menghindar dari saya
mendadak sms begini; "Mas Ari, Ijin Lokasi sudah selesai, silahkan diambil
di kantor Bapeda." Wow, cepat sekali ya? Kenapa hal yang mudah dibikin
sulit? Kalau Walikota mau, ternyata perijinan bisa selesai dalam sehari.

Saya tanyakan apakah saya punya kewajiban terkait selesainya Ijin ini??
Dijawab normatif; "Saya tidak tahu mas. Saya cuma menyampaikan perintah
pak Wali untuk menghubungi mas Ari dan menyampaikan kalau ijin prinsip sudah
ditanda-tangani. Soal lain-lain silahkan hubungi pak Wali sendiri."

Sobat properti, pelajaran apa yang bisa anda petik dari kisah (pengalaman)
yang saya sampaikan diatas?? Ternyata pejabat takut pada orang nekat. Mereka
tak mau kehilangan jabatan. Ancaman diekspos di media massa adalah jurus ampuh
yang bisa membuat mereka ciut nyalinya. Saya sudah membuktikannya.
 
Note :
Jangan ditiru. Adegan ini hanya dilakukan oleh profesional.

Wed Jul 10, 2013 7:10 pm (PDT) . Posted by:

"Ari Wibowo" ari.wibowo_psis@ymail.com

PEJABAT TAKUT ORANG NEKAT (i)

AW 25DCAE68 -
Jadi pengusaha properti, terkadang anda tak bisa menghindar dari birokrasi. Ketemu
pejabat dan penguasa setempat dimana anda sedang mengerjakan proyek. Ada yang
baik dan wajar. Ssst, tak ada makan siang gratis, semua pakai biaya. Jadi yang
disebut wajar itu ya maksudnya ada biaya tapi normal-normal aja dan kita rela
memberikannya.

Ada juga yang kebangetan. Minta tinggi diatas
kewajaran. Nah, ketemu yang model beginian jangan mau kompromi. Jangan mau
dijadikan sapi perah. Kita bukan puting susu sapi yang bisa diperas seenaknya
dan diambil susunya untuk dinikmati.

Saya ada 2 pengalaman istimewa menghadapi
kejadian begini yang mau saya bagikan kepada anda. Yang pertama menghadapi
seorang direktur PDAM yang mata duitan, dan kedua berhadapan dengan seorang
Walikota di Jawa Tengah yang arogan minta duit ratusan juta. Di artikel ini
saya ceritakan dulu kejadian menghadapi seorang direktur PDAM.

Maaf, nama dan lokasinya saya samarkan. Saya
takut yang bersangkutan ditangkap KPK. Sebut saja pak Dongok (orangnya memang
dongok), pejabat direktur utama PDAM di sebuah kabupaten.

Saat proyek saya mengajukan permohonan penarikan
jaringan air bersih melalui surat resmi, gak ada tanggapan seperti yang kami
harapkan. Kemudian staf teknik saya melakukan follow up di kantor PDAM, dan
diarahkan ketemu langsung direkturnya. Saat terjadi pertemuan, direktur PDAM
meminta kepada staf saya untuk menghadirkan direktur pengembang bertemu
dengannya.

Akhirnya sayapun datang menemuinya. Tak lupa bawa
angpau berisi duit Rp 15.000.000 buat nyumpal mulutnya pak Dongok saat terbuka
nanti minta santunan.

Ngomong basa basi sana sini, ujung-ujungnya
adalah duit (UUD). Saya keluarkan duit yang saya persiapkan dan ditaruh diatas
meja. Si Dongok nanya isinya berapa? Saya jawab Rp 15.000.000. Dia menjawab
ketus; "Memangnya saya preman terminal? Cuma dikasih segini. Laba anda kan
banyak, mestinya kasih saya 1 rumah dong .... Bawa saja uangnya kembali."
Si Dongok ogah terima duitnya.

Sialan, enak aja minta rumah gratisan. Saya geram
sekali. Dan meninggalkan kantor PDAM dengan galau. Kuatir sekali dengan nasib
proyek saya, takut tak mendapat aliran air bersih dari PDAM. Konsumen mau mandi
dan memasak pakai apa?

Waktu terus berjalan. Tiap 3 hari sekali saya sms
pak Dongok menanyakan soal jaringan. Tapi jawabannya mutar-mutar terus dan
diplomatis. Jeda 2 minggu sejak saya menemui dia, saya datang lagi ke kantornya
membawa angpau berisi uang Rp 40.000.000. Kali ini dia mau terima, meski masih
menyebut-nyebut bahwa saya pasti labanya gede. Dasar Dongok! Kalau laba kami
gede, masalah buat loe? Kami bisnis pakai modal dan skill, wajar dapat laba
gede. Bukan main palak kayak anda!!

Satu bulan sejak pak Dongok terima duit Rp
40.000.000 belum juga ada realisasi penarikan jaringan ke proyek kami. Saya
makin gelisah. Konsumen bakal marah jika tak ada sambungan PDAM. Saya stres,
makan makin banyak, tidur makin nyenyak.

Sampai suatu saat saya tidur bermimpi berantem
dengan pak Dongok (saya menang KO di ronde ke 2). Jam 01.30 saya terbangun
dengan nafas terengah-engah dan berkeringat. Saya mimpi buruk tentang pak
Dongok.

Langsung saya ambil HP dan sms pak Dongok seperti
ini;"Saya
kecewa dengan kinerja anda sebagai Dir PDAM. Anda sudah mengganjal proyek saya,
saya bersumpah juga akan mengganjal karir anda. Saya punya teman di media, LSM,
parpol. Bahkan Bupati atasan anda saya juga kenal koq. Jangan panggil saya AW
jika tak bisa melengserkan anda dari jabatan saat ini." Habis sms saya tidur lagi.

Pagi-pagi jam 06.30 saat saya sedang ngopi, dapat
telpon dari pak Dongok. Langsung saya memaki-maki dia, dengan nada tinggi dan
kalimat penuh intimidasi. Saya terlanjur nekat.  "Demi Arya Wiguna,
saya bersumpah akan membuat jabatan anda copot!!! Saya geram dengan pejabat
sialan seperti anda."

Eh, pak Dongok yang dulu nampak arogan dan menang
sendiri, pagi itu sama saya berubah jadi sopan sekali. Bahkan sangat merendah
dan tak melawan ketika saya memakinya sebagai pejabat sialan. Dia meminta
kepada saya supaya sabar dan berjanji akan memberikan kerjasama yang baik.
Sepertinya dia takut dengan ancaman saya yang membawa-bawa nama LSM dan media.

Pejabat busuk lihat pengusaha matanya nanar ingin
memanfaatkan. Tetapi segarang-garangnya dia kepada pengusaha, dia takut kepada
media. Jadi kalau diancam dengan melapor media dia akan berpikir ulang.

Saya memang sudah nekat. Daripada memberi dia 1
unit rumah, mending saya lawan saja. Soal resiko pikir belakangan. Kalau banyak
berpikir dan menimbang malah kita menjadi takut dan tak melakukan apapun.

Tak sampai 4 hari sejak saya memaki-maki dan
mengancam direktur PDAM tersebut, dia malah menghubungi saya dan memberitahu
bahwa jaringan air bersih (induk) hari itu sudah terpasang di proyek saya, dan
mempersilahkan saya untuk mengajukan sambungan ke tiap-tiap rumah. Hehe .. Sok
baik pak Dongok sekarang.

Anda berani memaki pejabat?? Saya berani. Tentu
saja hanya untuk pejabat yang keterlaluan saja dan anggap kita sapi perahan.

Jangan meniru jika tak punya nyali, bro !

No comments:

Post a Comment